Home » Artikel » Berharap Doa Dari “Mereka”!!!
kabar sahabat dhuafa

Berharap Doa Dari “Mereka”!!!

Berawal dari kisah “Keajaiban dalam bersedekah”, banyak yang berbicara tentang “Apa keajaibannya?, yang saya tahu itu tentang bersedekah adalah hanya berbentuk jumlah mata uang yang dikeluarkan untuk beramal. Tetapi tidak cuma itu, bisa menolong sesama umat contohnya.

Lalu apa keajaibannya?

Di kutip dalam kehidupan sehari-hari kita, saudara kita yang bernama Andi menceritakan tentang awal kisah bertemu dengan pengemis wanita yang membuat hatinya tersentuh berupa tamparan pada hatinya sehingga ia tersadar dan bersyukur kepada Allah SWT.

Lalu ia menceritakan ….

“Pada suatu siang yang begitu teriknya ia menemani istrinya dan putranya untuk berbelanja di pasar swalayan. Usai membayar sayur mayur yang dibelikannya tadi dipasar, lalu dia membawa sejumlah tas plastik belanjaannya. Baru saja keluar dari tokok swalayan itu, istri Andi menghampiri seorang wanita pengemis yang saat itu bersama seorang putra bungsunya. Wanita pengemis itu berkata kepada istrinya:

“Beri kami sedekah, ibu!”

Istri Andi pun kemudian membuka dompetnya lalu menyodorkan sejumlah uang kertas yang dimilikinya sebesar 10 ribu rupiah, wanita pengemis itu menerimanya. Namun, ketika wanita pengemis itu tahu jumlah sedekah yang diberikan istri Andi tidak mencukupi kebutuhannya, lalu dia menggerakan jari-jarinya ke mulutnya, istri Andi mengira bahwa wanita pengemis itu memberi tanda kalau dia sedang kelaparan.

Kemudian wanita pengemis itu memegang kepala anaknya dan sembari menguncupkan jari-jarinya mengarah ke mulutnya seolah ingin berkata, “Aku dan anakku ini sudah berhari-hari tidak makan, tolong beri kami tambahan sedekah untuk bisa membeli makanan!.”

Setelah istri Andi mengerti isyarat pengemis wanita itu, istri Andi pun membalas isyarat dengan gerak tangannya dan berkata, “Tidak…, saya tidak akan menambah sedekah untukmu!.”, kejadian inipun diceritakan kepada suaminya.

Di depan Anjungan Tunai Mandiri (ATM), Andi memasukan kartu kedalam mesin, ia menekan langsung tombol “informasi saldo” yang dimilikinya, dan muncul sejumlah digit angka nominal rupiah yang membuat Andi tersenyum, ternyata uang gajian setelah dia bekerja sudah masuk kedalam rekeningnya.

Lalu Andi menarik sejumlah uang di ATM tersebut jutaan rupiah, terdiri dari pecahan uang 100 ribu rupiah  berwarna merah kini sudah menyesaki dompetnya, lalu ada satu uang berwarna biru yang bernilai 50 ribu rupiah yang ia tarik di dompetnya. Uang itu kemudian dia lipat kecil untuk berbagi dengan wanita pengemis yang tadinya ingin meminta tambahan sedekah.

Saat pengemis itu  melihat nilai uang yang diterima, betapa girangnya dia, ia pun berucap syukur kepada Allah SWT dan berterima kasih kepada Andi dengan kalimat yang berulang-ulang penuh kesungguhan “Alhamdulillah… Alhamdulillah…. Alhamdulillah terima kasih tuan!, semoga Allah memberikan kebahagiaan lahir maupun batin untuk keluarga. Diberikan karunia keluarga yang sakinah, mawadah dan wa rahmah, semoga tuan dan keluarga juga diberi kedudukan yang terhormat nanti di surga,  Amin… amin yaa rabbal ‘alamin….

Andi pun tidak menyangka atas respon yang begitu mengharukan dari pengemis itu, Andi mengira pengemis itu hanya berucap terima kasih saja, tetapi justru membuat Andi terharu dan dengan penuh keyakinan dalam mengucapkan “amin” setiap doa pengemis itu.

Akan tetapi, Andi rupanya ingin memberikansedekah lebih lagi kepada pengemis itu dengan membelikan makanan ringan untuk pengemis dan anaknya yang sedang kelaparan. Lalu Andi pun menghampiri pedagang gorengan bersama istri dan putranya untuk membelikan pengemis itu.

Tidak berselang lama setelah membayar jajanan gorengan tersebut, Andi pun segera membalikkan badannya kearah pengemis itu untuk memberikannya, namun terlihat pengemis itu sudah tidak ada ditempatnya, Andi pun bersama istri dan putranya merasa terkejut  tiba-tiba wanita pengemis bersama anaknya itu sudah menghilang. Lalu Andi menanyakan kepada orang-orang disekitar untuk bertanya kemana wanita pengemis itu telah pergi?, namun semua orang pun tidak mengetahui kemana wanita pengemis itu pergi, bahkan ada yang mengatakan tidak ada pengemis di area itu dari tadi.

Andi merasakan kaget bersama istrinya, dan seketika pikiran Andi pun langsung teringat kepada doa wanita pengemis itu yang penuh kesungguhan mendoakan kemakmuran keluarganya. Wallahualam…

Hadist rasulullah meriwayatkan :

“Sesungguhnya orang-orang yang bersedekah baik laki-laki maupun perempuan dan meminjamkan kepada Allah pinjaman yang baik, niscaya akan dilipat-gandakan (ganjarannya) kepada mereka, dan bagi mereka pahala yang banyak.” (Qs. Al Hadid: 18)

Semoga tulisan sederhana ini dapat bermanfaat dan dapat membuat kita sadar bahwa semua harta kita yang ada didunia ini adalah titipan dari Allah SWT dan kita diwajibkan untuk saling membantu dengan sesama dengan cara sedekah, terlebih dengan orang yang kurang mampu, niscaya Allah SWT akan melipatgandakan keberkahan dalam kehidupan kita didunia maupun diakhirat nanti, Amin yaa rabbal ‘alamin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.