Home » Artikel » Merdeka dari Penyakit ala Rasulullah

Merdeka dari Penyakit ala Rasulullah

Bapak/Ibu donatur yang berbahagia, kita tentu pernah mengalami sakit. Baik itu sakit ringan maupun parah. Tentu saja ketika kita sakit akan menemui dokter. Yang terserang penyakit pun tidak hanya orang miskin, tetapi juga orang kaya. Sehingga, apapun bentuk penyakitnya, tetaplah kita sabar. Begitu juga dengan Rasulullah. Rasulullah SAW hanya sakit 2 kali sepanjang hidupnya. Rasulullah SAW sangat menjaga kesehatannya.

Lalu, bagaimana cara merdeka dari sakit ala Rasulullah SAW?

Yuk, kita simak penjelasan dibawah ini!

  1. Makan Makanan Halal dan Baik

Rasulullah SAW hanya memakan makanan halal dan baik seperti: ikan laut segar, buah-buahan (tin, zaitun, anggur, delima), madu, daging, susu, dan biji-bijian (gandum). Pagi hari Rasulullah SAW meminum segelas air dicampur dengan madu.

  1. Tidak Berlebihan

Jangan mengkonsumsi makanan terlalu berlebihan. Secukupnya saja. Jika sudah kenyang maka berhentilah. Jangan terlalu mengikuti nafsu untuk makanan berlebihan yang akan menyebabkan penyakit dalam darah.

  1. Patuh dengan Perintah Allah

Mematuhi perintah Allah menjadi  salah satu cara untuk merdeka dari penyakit. Allah menyuruh kita untuk menghindari makanan haram, seperti babi, anjing, dan makanan yang disembelih tanpa menyebut nama Allah.

  1. Tidur Lebih Cepat dan Bangun Lebih Awal

Begadang merupakan sebuah cara untuk mengundang penyakit. Kita bisa mengatasinya dengan cara tidur lebih cepat dan bangun lebih awal. Sehingga, kita bisa sholat malam untuk olahraga. Sholat Tahajjud sangat baik untuk kesehatan paru-paru kita.

  1. Rutin Olahraga

Rasulullah SAW menganjurkan

nak-anak kita dilatih untuk memanah, menunggang kuda, dan berenang. Ini gunanya selain untuk kesehatan juga untuk ketangkasan anak-anak.

  1. Rajin Berpuasa

Berpuasa melatih lambung untuk sehat. Tidak makan dapat mengistirahatkan lambung beberapa saat karena terlalu sering mengolah makanan setiap harinya. Puasa dapat mengobati hipertensi, diabetes, asma, jantung, penyakit hati, penyakit kulit, penyakit paru-paru, dan mencegah kanker.

  1. Membersihkan Gigi

Gigi yang sehat akan membuat badan kita juga sehat sehingga bakteri yang tidak baik di gigi tidak masuk ke badan dan pencernaan kita.

  1. Sholat Khusyu’

Sholat dengan khusyu’ dan penuh khidmat akan melatih kita untuk fokus dan melancarkan tekanan darah di otak dan leher. Sehingga bisa mengatasi penyumbatan pembuluh darah.

  1. Habbatussauda dan berbekam

Jintan hitam atau habbatussauda sudah terbukti mencegah banyak penyakit. Sehingga, Rasulullah SAW sering mengkonsumsi jintan hitam. Selain itu, berbekam juga terbukti membersihkan darah sehingga kita bisa membuang racun melalui darah kotor yang dibekam tersebut.

  1. Tidak Pemarah

Sabar dan menghindari marah akan menyehatkan pembuluh darah dan jantung. Orang yang marah akan mematikan banyak sel di tubuhnya sehingga ada yang stroke dan terserang jantung mendadak. (MZK)

 

Semoga Bapak/Ibu dan kita semua diberi kesehatan yang lebih lagi oleh Allah. Aamiin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

x

Check Also

sahabat dhuafa

Fadhilah dan Keutamaan Berkurban

Salam hangat untuk Bapak/Ibu donatur Sahabat Dhuafa, semoga Allah selalu melimpahkan rahmat-Nya selalu. Aamiin. Berkurban ...

sahabat dhuafa

Surat Untuk Perokok!

ROKOK?, jika kita berbicara tentang rokok, atau mendengar tentang rokok, siapa yang tidak tau tentang ...