Home » Artikel » Sudahkah Kita Bermanfaat Untuk Orang Lain?
sahabat dhuafa

Sudahkah Kita Bermanfaat Untuk Orang Lain?

Manusia yaitu kita semua adalah makhluk sosial yang tidak akan pernah bisa bertahan hidup dengan hanya mengandalkan kekuatannya sendiri tanpa pertolongan orang lain dan makhluk lain disekitar kita. Sebagai contoh kecil yaitu di lingkungan keluarga, seorang anak dalam keluarga tidak akan dapat tumbuh berkembang secara baik dan sehat tanpa adanya kasih dan sayang dari kedua orangtuanya.

Untuk itu, manusia diciptakan oleh Allah SWT sebagai makhluk yang memang harus bersinergi dengan makhluk lainnya, dengan kata lain sebagai manusia kita harus menjadi pribadi yang bermanfaat untuk makhluk lainnya.

Lalu, sudahkah kita bermanfaat untuk orang lain?

Sebagai makhluk sosial (Homo Socialis) yang saling membutuhkan satu dengan yang lainnya, maka semua manusia didunia ini tidak akan dapat mencapai apa yang diinginkannya dengan sendirinya. Maka dari itu, kita sebagai manusia sudah sepantasnya untuk saling tolong menolong dan bermanfaat terhadap manusia lainnya.

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

خَيْرُ الناسِ أَنْفَعُهُمْ لِلناسِ

Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia.” (HR. Ahmad, ath-Thabrani, ad-Daruqutni. Hadits ini dihasankan oleh al-Albani di dalam Shahihul Jami’no:3289).

 

Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda:

مَنْ نَفَّسَ عَنْ مُؤْمِنٍ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ الدُّنْيَا نَفَّسَ الله عَنْهُ كُرْبَةً مِنْ كُرَبِ يَوْمِ الْقِيَامَةِ, ةِ وَمَنْ يَسَّرَ عَلَى مُعْسِرٍ يَسَّرَ الله عَلَيْهِ فِي الدُّنْيَا وَالْآخِرَةِ

Barang siapa yang memudah kesulitan seorang mu’min dari berbagai kesulitan-kesulitan dunia, Allah akan memudahkan kesulitan-kesulitannya pada hari kiamat. Dan siapa yang memudahkan orang yang sedang dalam kesulitan niscaya akan Allah memudahkan baginya di dunia dan akhirat.” (HR. Muslim).

Hadits diatas menganjurkan agar kita menjadi manusia yang bermanfaat untuk orang lain, karena memang kita tidak akan pernah hidup sendiri tanpa bantuan dari orang yang bermanfaat untuk kita.

Untuk itu, mari mulai hari ini kita mencoba untuk bermanfaat untuk orang lain, tentunya dengan hati yang ikhlas. Salah satu cara agar kita dapat bermanfaat untuk orang lain adalah dengan membantu kaum dhuafa yang memang kurang mampu dan sangat mebutuhkan bantuan dari kita.

Semoga tulisan sederhana ini dapat menjadi ilmu yang bermanfaat untuk kita semua, dan mari kita mulai untuk menjadi manusia yang bermanfaat untuk manusia lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.