Home » Artikel » Taqwamu Menuju Surga
sahabat dhuafa

Taqwamu Menuju Surga

Bulan Ramadhan adalah dimana bulan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh umat islam di seluruh dunia, yang sebagaimana dibulan ini kita semua diwajibkan untuk berpuasa. Di bulan yang mulia ini Allah SWT memberikan kesempatan untuk kita melatih jiwa raga, menahan haus, lapar, hawa nafsu, dan berbuat kebaikan seperti sedekah kepada anak yatim dan dhuafa.

Dan SEDEKAH ini banyak macamnya, yaitu:
1. Sedekahkan senyummu.
2. Sedekahkan perkataan baikmu.
3. Sedekahkan sebagian hartamu.
4. Sedekahkan perbuatan baik lainnya.

Oleh sebab itu Allah swt memberikan kesempatan kepada umat Islam untuk melatih jiwa raga menikmati berbuat TAQWA dibulan puasa ini.

Allah SWT berfirman di dalam kitab suci Al-Qura’an yang artinya:

“Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu kalian agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah: 183)

Lalu, bagaimana untuk menggapi ketaqwaan?

Sangatlah ringan untuk diucapkan, asyik didengarkan itulah TAQWA, tetapi apakah mudah untuk dicapai?, apakah mudah untuk diterapkan?, mudahkah?.

Tidak semua orang bisa lulus dalam segala cobaan dan mencapai ketaqwaan itu, karena apa?, yaitu godaan syaitan yang terlalu banyak sehingga banyaknya manusia yang jatuh ke pelukkan syaitan.

Lalu bagaimana kita bisa mencapai ketaqwaan itu ada beberapa cara, yaitu:

  1. Meningkatkan jiwa kemanusiaan

Bantulah orang yang tidak mampu seperti Yatim dan Dhuafa dengan menyisihkan sebagian rezeki kita untuk perbanyak Infaq, Shodaqoh, dan Membayar Zakat dibulan suci ini.

قُلْ لِعِبَادِيَ الَّذِينَ آمَنُوا يُقِيمُوا الصَّلَاةَ وَيُنْفِقُوا مِمَّا رَزَقْنَاهُمْ سِرًّا وَعَلَانِيَةً مِنْ قَبْلِ أَنْ يَأْتِيَ يَوْمٌ لَا بَيْعٌ فِيهِ وَلَا خِلَالٌ

Katakanlah: ”kepada hamba-hamba-Ku yang telah beriman: “Hendaklah mereka mendirikan shalat, menafkahkan sebahagian rezki yang Kami berikan kepada mereka secara sembunyi ataupun terang-terangan sebelum datang hari (kiamat) yang pada hari itu tidak ada jual beli dan persahabatan.”(Surah Ibrahim: 39)

قُلْ إِنَّ رَبِّي يَبْسُطُ الرِّزْقَ لِمَنْ يَشَاءُ مِنْ عِبَادِهِ وَيَقْدِرُ لَهُ ۚ وَمَا أَنْفَقْتُمْ مِنْ شَيْءٍ فَهُوَ يُخْلِفُهُ ۖ وَهُوَ خَيْرُ الرَّازِقِينَ

Katakanlah: “Sesungguhnya Tuhanku melapangkan rezki bagi siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan menyempitkan bagi (siapa yang dikehendaki-Nya)”. Dan barang apa saja yang kamu nafkahkan, maka Allah akan menggantinya dan Dialah Pemberi rezki yang sebaik-baiknya.(surah Saba’(34) ayat:39)

  1. Kendalikan hawa nafsu berlebihan

Hawa napsu disini adalah beberapa keinginan kita yang harus hari ini juga terwujud, jangan terlalu banyak keinginan yang ingin kita makan saat berbuka puasa. Bahwasannya Allah SWT Berkata: Jangan dimakan/diminum sebelum waktu maghrib tiba.

  1. Taubat dengan bersungguh-sungguh

Dibulan suci ini waktunya kita bertaubat untuk memperbaiki diri, karena tidak ada manusia yang luput dari dosa. Dulu kita sombong, waktunya sekarang kita untuk belajar selalu merendahkan diri, dulu kita lupa dengan Allah SWT sekarang waktunya kita dekatkan diri dengan Allah SWT, dan masih banyak lagi dosa yang kita perbuat.

  1. Dekatkan hati untuk Allah SWT

Bangunlah dimalam hari, waktunya kita bermunajat kepada Allah SWT memohon keinginan keinginan kita agar dikabulkan. Perbanyak membaca Al-Quran, berzikir, dan bersholawat.

Surah Al Quran Al-Ĥijr: 45 yang berbunyi:

إِنَّ الْمُتَّقِينَ فِي جَنَّاتٍ وَعُيُونٍ

“Sesungguhnya orang-orang yang bertakwa itu berada dalam surga (taman-taman) dan (di dekat) mata air-mata air (yang mengalir).”

Untuk itu ayo kita mulai memperbaiki diri, dekatkan diri kepada Allah SWT, perbanyak sedekah dan tingkatkan ketaqwaan kita dibulan yang penuh berkah ini untuk mendapatkan ridho-Nya Allah SWT.

One comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.